Laman

19 April, 2011

Ketentuan Teknis Penulisan Proposal Business Plan

Tahap Penilaian 1:
- Kriteria utama penilaian:
1. Judul.
Maksudnya adalah seberapa menarik judul yang digunakan, dan segila apa kira-kira ide bisnis yang akan dijalankan.
2. Orisinalitas.
Ide yang diajukan harus orisinil, baik yang belum pernah ada maupun inovasi dari sebuah produk/jasa yang sudah ada.
3. Inovasi produk.
Sejauh mana peserta mampu mengemas produk/jasanya menjadi lebih menjual, dan menawarkan lebih banyak manfaat pada konsumen.
4. Peluang bisnis.
Analisis keadaan pasar dan peluang bisnis, bisa menggunakan analisis SWOT.

5. Kerealistisan ide.
Meskipun gila, namun seberapa realistiskah ide tersebut bisa dijalankan. Termasuk proyeksi keberlanjutan usaha tersebut.
6. Biaya
Efektifitas dan efisiensi penggunaan biaya dan sumber daya, sekaligus proyeksi laba rugi secara sederhana.

Tahap penjurian 2:
- Kriteria proposal:
1. Judul
2. Daftar isi
============
3. Latar belakang
4. Rumusan masalah
5. Gambaran umum usaha
*diskripsi produk
*keunggulan produk
*hambatan & tantangan
*inovasi
*strategi pemasaran
6. Anggaran biaya
*rancangan biaya
*proyeksi rugi laba
7. Matrix kerja
 ============
8. Lampiran: *Biodata
*Desain produk (kalau ada)

Prosedur penulisan
a. Jumah maksimal 7 halaman (poin 3 - 7), tidak termasuk cover & daftar isi, dan biodata peserta
b. Font size: 12, Times New Roman
c. Kertas A4 (215 mm X 297 mm)
d. Margin : 4,3,3,3
e. Space bebas (yang penting bisa terbaca dengan jelas)
f. Cover bebas (kreasi masing-masing peserta)

Alamat pengumpulan Proposal:
Proposal di kirim ke alamat Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia
Jl. Ring Road Utara, Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta
Contact Person: Deddy - 085643658265, Katya – 085729805618
Sebelum 30 Juni 2011

Dalam 1 amplop yang akan dikirim, pastikan peserta sudah melengkapi persyaratan berikut:
1. Soft copy dalam bentuk CD berisi file proposal dengan format pdf dan word .
2. Photocopy KTM seluruh peserta dan Surat keterangan mahasiswa aktif .
3. Proposal business plan dalam bentuk hard copy sebanyak rangkap 3.
4. Formulir pendaftaran yang telah diisi.
5. Lampiran bukti transfer atau fotokopi kwitansi pembayaran uang pendaftaran.

Setiap tim yang mendaftar akan mendapatkan:
1. Sertifikat peserta lomba The Craziest Business Plan Competition sesuai jumlah peserta.
2. Souvenir menarik dari Panitia.
3. Kesempatan memenangkan doorprize bagi peserta yang mendaftar sebelum tanggal 10 Mei 2011.
4. Kesempatan untuk ikut menyaksikan grand final lomba pada 15 September 2011.

Ketentuan Teknis bagi Para Calon Pemenang (15 Besar)
1. Tim yang lolos 15 besar akan diumumkan pada 12 Juli 2011, baik melalui blog ini atau dihubungi pihak panitia.
2. Dari hari pengumuman sampai tanggal 24 Juli, peserta yang lolos menyiapkan bahan presentasi business plan-nya, bagi tim yang bisa membawakan hasil produk/ilustrasi jasa buatannya akan mendapatkan nilai tambahan dari dewan juri.
3. 25 Juli 2011, seluruh peserta 15 besar sudah berada di Jogja untuk mengikuti presentasi pada 26 Juli 2011. Panitia tidak menanggung biaya transportasi peserta dari tempat asal ke Jogja.
4. Tim 15 besar akan melakukan presentasi tertutup pada 26 Juli 2011, dari jam 09.00 - 17.00. Pemenang 5 besar akan langsung diumumkan setelah acara selesai dan berhak untuk mengikuti Grand Final yang akan diadakan pada tanggal 15 September 2011.
5. Ketentuan teknis untuk 5 besar akan diumumkan kemudian.
6. Jika ada yang kurang jelas bisa menghubungi contact person panitia.

2 komentar:

  1. Itu harus berkelompok ya? Kalau sendiri bagaimana?

    BalasHapus
  2. untuk Nefriana, normalnya minimal 3 orang. Karena kami mempertimbangkan faktor biaya pendaftaran juga, asumsinya Rp. 200.000 bisa dibagi 3 orang.

    Tapi jika anda tidak masalah dengan biaya pendaftaran meskipun sendiri, dan punya ide menarik, kami siap menampung ide anda! :D

    BalasHapus